Senin, 02 April 2018

Cara Agar Bibir Tidak Kering Dan Hitam Meskipun Saat Puasa

Cara Agar Bibir Tidak Kering Puasa merupakan ibadah wajib yang harus dijalankan oleh semua umat muslim di bulan Ramadhan. Bukan Cuma puasa di bulan ramadhan aja lho.. puasa sunnah senin kamis juga terkadang jika asupan cairan kurang pasti bibir kita akan mengering bahkan pecah pecah. Puasa berarti kita tidak makan atau minum selama seharian. Yang mana kurangnya cairan akan membuat tubuh mengalami dehidrasi. Ciri terjadinya dehidrasi pada tubuh yaitu kulit menjadi kering. Selain kulit bagian tubuh, kulit bibir pun terkadang kena imbasnya. Keringnya kulit bibir akan membuatnya menjadi pecah pecah. Selain menimbulkan rasa tidak nyaman karena perih, kulit bibir kering dan pecah pecah juga akan membuat penampilan menjadi tidak percaya diri.

Cara Agar Bibir Tidak Kering Dan Hitam Meskipun Saat Puasa

Kulit bibir kering tentunya menjadi masalah untuk semua orang, terutama untuk kaum hawa. Tampil cantik dalam setiap kesempatan merupakan kewajiban bagi semua wanita. Para wanita selalu ingin tampil sempurna tanpa ada kekurangan apapun termasuk keindahan bibirnya. Untuk itu, demi kecantikan dan kesehatan bibir, serta puasa yang dijalankan tetap lancar berbagai cara kerap kali ditempuh untuk mengatasinya. Namun, salah satu cara terbaik untuk mengatasi kulit bibir kering dan pecah pecah yaitu dengan memenui kebutuhan cairan tubuh sehingga mampu mengatasi dan mencegah dehidrasi. Selain itu, beberapa cara dan perawatan bisa anda lakukan agar bibir tetap lembab dan tidak kering saat puasa.

Beberapa Penyebab Bibir Kering Saat Puasa

Hal pertama yang harus anda ketahui agar terhindar dari masalah kulit kering atau bibir kering adalah mengetahui apa penyebabnya? Dengan mengetahui penyebabnya, kita akan lebih mudah dalam melakukan dan pencegahan. Nah berikut beberapa penyebab bibir kering saat puasa yang wajib anda ketahui.
  • Makanan yang dikonsumsi saat sahur
Makan sahur sangat berpengaruh besar terhadap keberlangsungan puasa kita. Tidak hanya itu saja, ternyata makan sahur juga berpengaruh pada kecantikan kulit dan bibir saat berpuasa. Ada beberapa makanan dan minuman yang baiknya jangan dikonsumsi saat sahur agar puasa anda lancar dan anda tidak mengalami masalah seperti dehidrasi hinggi bibir kering atau pecah-pecah. Makanan yang menjadi penyebab dehidrasi atau bibir kering diantaranya adalah gorengan, teh, kopi, makanan berprotein tinggi seperti telur, ikan, makanan asin, makanan manis dan lain sebagainya. Makanan-makanan tersebut akan membuat anda kekurangan cairan disiang hari sehingga menyebabkan dehidrasi hingga bibir kering dan pecah-pecah. Selain itu perbanyaklah minum air putih saat sahur.
  • Sering menjilat bibir
Kita semua tahu jika sering menjilat bibir justru akan membuat bibir kering, kaku dan pecah-pecah. Sekilas dapat membasahi bibir dan membuat bibir lembab, namun justru akan membuat bibi kering. Hal ini dikarenakan air liur mengandung asam yang berfungsi untuk melumatkan makanan, dan hal terserbut jika sering terkena bibir, akan membuat bibir menjadi kering.

Cara Agar Bibir Tidak Kering Dan Hitam Meskipun Saat Puasa

Cara Agar Bibir Tidak Kering Dan Hitam Meskipun Saat Puasa
  • Menghindari Minuman Mengandung Kafein saat Berbuka dan Sahur
Kebiasaan kebanyakan orang saat puasa justru makan dan minum apa saja lebih banyak dan lebih tidak teratur dari biasanya. Selama masa puasa, hindarilah atau paling tidak batasi asupan kafein karena kafein tinggi pada minuman bisa membuat kelembaban kulit berkurang. Mungkin bagi para pecinta kopi, saat puasa pun seharusnya tidak menjadi halangan untuk menikmati kopi. Tapi kalau tetap ingin menikmati air hangat yang ada rasanya saat berbuka, cobalah untuk mempertimbangkan teh herbal semacam teh chamomile atau teh hijau yang tentunya lebih baik juga bagi kesehatan tubuh kita karena mampu menjauhkan kita dari banyak penyakit.
  • Memakai Lip Balm
Mencegah bibir kering juga bisa dilakukan dengan mengenakan lip balm, baik itu para perempuan maupun pria. Mengaplikasikan lip balm, terutama yang kandungan moisturizernya tinggi bisa sangat menolong agar bibir juga tak pecah-pecah. Temukan juga lip balm yang ada label SPF-nya berikut juga minyak alami di dalamnya supaya bibir akan menjadi lebih lembab secara alami dan aman serta terlindung dari paparan cahaya matahari di mana ini adalah salah satu faktor penyebab kekeringan pada bibir.
  • Perbanyak Minum Air Putih saat Buka dan Sahur
Sebenarnya sudah sangat jelas bahwa ketika bibir seseorang kering, itu artinya tubuhnya mengalami kekeringan atau kekurangan cairan, maka yang bisa mencegah agar bibir tidak kering terutama saat berpuasa adalah dengan minum banyak air putih. Untuk meminumnya tentu bukan saat siang hari, tapi hanya di saat buka dan sahur saja. Ingat bahwa air mineral adalah sumber cairan yang terbaik bagi tubuh kita dan akan selalu lebih baik ketika air putih yang dikonsumsi adalah 8 gelas setiap hari dan jumlah ini adalah minimalnya.
Baca Juga Ini : Cara Mengatasi Bibir Kering Pecah Pecah Mengelupas Dengan Cara Pengobatan Yang Alami
Selang waktu dari buka ke sahur juga bisa menjadi waktu yang pas untuk mengonsumsi banyak air putih karena sewaktu pagi dan siang hingga sore kita tak bisa minum air. Memang perlu direncanakan dan sebaiknya memang kita harus pintar untuk mengatur kapan sebaiknya konsumsi dilakukan. Hati-hati karena dengan jangka atau selang waktu yang sedikit, kita akan menjadi kembung karena terlalu banyak minum.

  • Menggunakan Madu

Untuk mencegah supaya bibir tidak kering maupun pecah-pecah, cobalah untuk memanfaatkan madu murni. Karena sedang puasa, maka madu ini tidak dapat digunakan sewaktu tengah hari sebab cara penggunaannya adalah dengan mengoleskannya di bagian bibir. Meski demikian, cobalah untuk mengoleskannya di bagian bibir saat menjelang tidur setiap malamnya, ditambah sewaktu sahur, madu bisa diminum dengan dicampur air sebanyak 3 sendok makan. Dengan cara ini, bukan hanya bibir kering saja yang bisa dicegah, tapi madu juga akan membuat pelaku puasa menjadi lebih kuat dalam menjalankan kewajiban ibadanya secara lancar.
  • Timun
Timun bisa anda manfaatkan untuk melembabkan kulit bibir yang kering dan pecah pecah. Timun memiliki sifat melembabkan dan mendinginkan. Siapkan timun secukupnya saja dan iris timun tersebut. Lalu masukan potongan timun ke dalam air dingin. Setelah itu, tempelkan mentimun pada bibir anda sambil diiringi dengan pijatan lembut. Cara seperti ini akan membuat bibir kembali terhidrasi.
  • Minyal almond
Minyak almond mengandung vitamin E yang tinggi. Karena kandungannya tersebut, minyak almond sangat ampuh dalam mengatasi masalah kulit dan merawat kecantikan kulit. Panaskan terlebih dahulu minyak almond dan biarkan hingga agak dingin. Jika sudah seperti itu anda bisa langsung mengoleskannya pada bibir anda sambil dilakukan pijatan. Dengan cara ini maka bibir anda akan lembab dan cantik.
  • Penuhi kebutuhan sayur dan buah
Buah dan sayur merupakan makanan sehat yang perlu anda konsumsi. Buah dan sayur juga mampu menutrisi kulit anda termasuk kulit bibir. Namun, banyak orang yang sering mengabaikan mengkonsumsi makanan sehat ini. Yang mana kebiasaan itulah yang menjadi salah satu penyebab keringnya kulit bibir saat puasa.
Masukan buah dan sayur kedalam menu buka maupun sahur anda. Vitamin dan kandungan lainnya yang terdapat pada buah dan sayur bermanfaat dam membuat kulit anda terlihat lebih segar.
  • Menggunakan Lidah Buaya
Khasiat lidah buaya untuk kulit tampaknya sudah bukan rahasia lagi tentang keampuhannya dalam melembabkan dan melembutkan. Jadi, tak ada salahnya selain madu, bahan alami lainnya yang bisa dicoba untuk mencegah bibir kering adalah aloe vera. Penggunaannya bisa dilakukan tepat sebelum tidur setiap malamnya, jadi akan lebih aman. Selama sebulan berpuasa, sebaiknya jangan lupa menjadikan hal ini sebagai ritual sebelum tidur. Baca Juga Ini : Cara Mengatasi Bibir Pecah Pecah Dengan Cepat Secara Alami
  • Menghindari Buah Citrus
Memang buah itu baik untuk kesehatan, tapi juga harus menyeleksinya secara baik dan dilihat kandungan apa saja di dalam buah yang berguna untuk menjaga kelembaban bibir. Khusus untuk mengonsumsi anggur dan jeruk serta buah citrus lainnya, sebaiknya dibatasi atau kalau bisa dihindari karena buah-buah tersebut malah dikenal sebagai pemicu bibir kering dan pecah.
  • Menyingkirkan kulit mati
Kulit bibir yang mengering sebaiknya rutin dibersihkan seminggu sekali. Lakukan pengelupasan kulit mati di bibir dengan menggunakan sikat gigi berbulu halus. Sebelumnya, olesi bibir dengan petroleum jelly, lalu perlahan gogok bibir dengan sikat gigi.

Demikian Info tentang Cara Agar Bibir Tidak Kering Dan Hitam Meskipun Saat Puasa. Semoga bermanfaat. Dan untuk lebih lengkapnya mengenai perawatan kecantikan seperti Perawatan bibir dengan bahan lainnya anda bisa bisa mengunjungi Situs kami Di (Cara Memerahkan Bibir ). Terimakasih.
Previous Post
Next Post

0 komentar: