Kamis, 29 Maret 2018

Cara Mengobati Bibir Pecah Pecah Dan Berdarah Akibat Panas Dalam

Cara Mengobati Bibir Pecah Pecah - Bibir pecah-pecah dapat menyebabkan kulit pada bibir Anda retak, mengelupas, dan berdarah. Semua orang pasti pernah mendapatkan bibir pecah-pecah pada waktu-waktu tertentu. Tapi, tahukah Anda bahwa bibir pecah-pecah juga bisa menunjukkan penyakit atau kondisi tertentu yang mendasari dan yang Anda tidak ketahui?

 Cara Mengobati Bibir Pecah Pecah Dan Berdarah Akibat Panas Dalam

Selain kekurangan vitamin, dehidrasi, dan menggunakan pasta gigi yang salah, ternyata ada beberapa penyebab bibir pecah-pecah lainnya yang jauh lebih serius. Jika pengobatan rumah dan lip balm tidak membantu, maka Anda kemungkinan menderita beberapa penyakit berikut ini.

Kondisi yang menyebabkan bibir pecah-pecah

1. Pellagra
Pellagra disebabkan oleh kekurangan asupan niasin atau vitamin B3. Ia biasanya ditandai dengan diare, kekacauan mental, dan dermatitis. Jika tidak diobati, kondisi ini bisa menyebabkan kematian. Pellagra dapat terjadi akibat tubuh tidak menerima jumlah niasin yang cukup atau memiliki kondisi kronis seperti ulserativa, yang mencegah tubuh Anda mendapatkan niasin. Kondisi ini dapat mempengaruhi bibir, lidah, dan gusi. Kulit Anda akan menebal dan mengeras, sehingga terjadi retak dan perdarahan. Kondisi ini dapat ditangani dengan mengonsumsi niacin oral dan intravena, suplemen vitamin B3 juga dapat Anda konsumsi sebagai pelengkap. Namun pellagra sekunder yang timbul dari kondisi kronis sulit untuk diobati.

2. Angular cheilitis
Ini adalah kondisi peradangan umum yang mempengaruhi sudut-sudut mulut Anda. Kondisi ini dapat menyebabkan beberapa faktor seperti bibir pecah-pecah, perdarahan di bibir, lecet, dan kemerahan. Umumnya, mereka yang memiliki kulit sensitif, orang tua, dan orang yang kekurangan gizi paling berisiko terkena kondisi ini. Menjilati bibir Anda dengan harapan untuk mengembalikan kelembapan hanya akan membuat kondisi lebih buruk, karena air liur Anda cepat menguap pada bibir Anda dan itu akan membuat bibir lebih kering. Anda mungkin perlu menerapkan lip balm atau menggunakan krim topikal anti-jamur.

3. Penyakit Kawasaki
Menurut American Academy of Family Physicians, penyakit Kawasaki terutama menyerang anak-anak di bawah usia lima tahun, dan dapat menyebabkan kerusakan jantung jika terlambat atau tidak diobati. Penyebab pasti dari kondisi ini masih belum diketahui. Penyakit Kawasaki bisa menyebabkan demam, bibir pecah-pecah, iritasi tenggorokan, pembengkakan leher, dan kemerahan di bagian putih mata. Beberapa anak ada yang tidak memiliki gejala sama sekali. Jika anak Anda mengalami gejala-gejala penyakit ini, ia harus segera ditangani untuk mencegah terjadinya kondisi lain. Untuk pengobatan ini biasanya dokter akan memberikan aspirin dosis tinggi dan obat khusus bernama IVIG.

4. Sindrom iritasi usus (IBS)
Sindrom iritasi usus terdiri dari dua jenis, yaitu penyakit Crohn dan kolitis ulseratif. Kolitis ulseratif adalah jenis IBS yang hanya melibatkan usus besar dan hanya lapisan usus besar yang meradang. Sedangkan penyakit Crohn adalah salah satu jenis utama dari IBS yang mempengaruhi setiap baguan dari saluran usus dari mulut ke anus, dan mempengaruhi seluruh ketebalan dinding usus.
Baca Juga Ini : Cara Menghilangkan Bibir Hitam Dengan Cepat Mudah Dan Permanen
Anda mungkin salah satu dari 40% penderita IBS dengan ekstra-intestinal, terutama jika IBS Anda adalah jenis penyakit Crohn. Para peneliti menemukan bahwa sekitar 11% dari mereka yang memiliki masalah kulit karena IBS menunjukkan gejala seperti kering, pecah-pecah, perdarahan bibir, atau beberapa gangguan kulit lainnya pada wajah. Dalam banyak kasus, bibir pecah-pecah bukanlah tanda masalah penyakit yang serius, namun jika ia disertai dengan tanda-tanda lain, maka Anda harus menyikapinya dengan memeriksakan diri ke dokter.

5. Herpes
Bibir pecah-pecah yang kronis juga merupakan suatu gejala kondisi serius, seperti herpes. Herpes simplex virus-1 dapat menyebabkan luka merah di sekitar mulut dengan disertai kulit kering dan pecah-pecah. Luka dingin sangat menular, sehingga cukup mudah untuk mendapatkan herpes melalui ciuman atau dengan berbagi gelas dengan mereka yang memiliki virus tersebut.

Penyebab Lain Timbulnya Bibir Pecah Pecah Dan Berdarah

Penyebab bibir luka berdarah sangat beragam pada setiap individu namun sama sama memiliki dampak kurang baik bagi fungsi mulut pada umumnya yaitu menyebabkan keterbatasan gerak ketika sedang berbicara, tertawa , Sedang makan atau sedang menggosok gigi.
  • 1. Panas dalam dan sariawan
Tubuh manusia mudah melemah ketika ketidakseimbangan suhu tubuh muncul akibat perubahan cuaca atau Kekuarngan vitamin C dalam jangka panjang sehingga menyebabkan bibir mudah menjadi kering, Pecah, Muncul sariawan yang dapat mempermudah terjadinya pendarahan disekitar bibir, Ujung bibir bahkan didalam rongga mulut.
  • 2. Cairan ludah
Bnayak manusia yang mempunyai kebiasaan buruk membasahi bibirnya dengan ludah melalui lidahnya sehingga menyebabkan bibir mudah terkena bakteri, Muncul bibir kering hingga pendarahan. Cairan liur bersifat panas dan dapat mengiritasi permukaan bibir karena mengandung asam. Terlebih jika ludah mengandung bakteri maka akan mempercepat bibir menjadi mudah mengalami iritasi.
  • 3. Radiasi sinar matahari
Bahaya radiasi sinar matahari bukan hanya mengancam kesehatan kulit saja tetapi bisa menyebabkan bibir luka berdarah akibat bibir kehilangan kelembabannya. Selain Bahaya sinar matahari bagi kulit dapat menyebabkan kanker kulit dan ternyata dapat pula menyebabkan kanker bibir.
  • 4. Kosmetik bibir
Bibir luka berdarah dapat disebabkan karena pemakaian kosmetik bibir yang menagndung bahan bahan berbahaya misalnya pewarna bibir atau lipstik yang didalamnya tersemat zat pewarna pakaian, Merkuri , Soda api dan lain lain yang dapat memperburuk kondisi bibir jika dipakai dalam jangka panjang. Pilihlah pewarna bibir yang terbuat dari bahan dasar alami misalnya menmgandung vitamin E dari buaha buahan.
  • 5. Akibat gangguan tenggorokan
Gejala Radang tenggorokan adalah salah satu penyebab bibir luka berdarah karena radang tersebut mempengaruhi kondisi permukaan bibir akibat efek dari radang itu sendiri berupa bibir kering, Pecah pecah, Terkelupas dan mudah mengalami iritasi lalu muncul luka berdarah. Baca Juga Ini : Cara Menghilangkan Hitam Di Bibir Akibat Rokok Dan Alkohol Yang Ampuh
  • 6. Makanan tertentu
Makanan terlalu pedas, Makanan dari hasil laut yang mengandung merkuri misalnya tiram, Kepiting atau lobster atau juga bisa karena makanan yang mengandung bahan pengawet tertentu dapat menyebabkan seseorang terkena reaksi alergi pada bibirnya berupa munculnya bibir luka berdarah yang diawali dengan permukaan yang kering, Pecah pecah, Pembengkakn dan iritasi.
  • 7. Kurang asupan gizi seimbang
Seseorang yang tidak memiliki nutrisi seimbang didalm tubuhnya misalnya kurangnya pasokan zat niasain dan vitamin B 3 dalam jangka panjang maka menyebabkan permukaan bibir menjadi kering, Sudut bibir mudah luka dan iritasi hingga menyebabkan bibir luka berdarah.
  • 8. Kanker bibir
Bibir yang terserang kanker baisanya akan mengalami masalah seputar permukaannya berupa bibir luka berdarah, Kering, Pecah pecah dan bersisik yang mudah terkelupaas. Mutasi gen abnormal mampu mempengaruhi warna dan struktur permukaan bibir menjadi lebih keruh, Keriput dan kehitaman.
  • 9. Merokok
Selain bahaya merokok bagi alat pernafasan manusia ternyata asap rokok mampu menyebabkan bibir menjadi lebih hitam, Kering, Pecah pecah, Mudah iritasi yang berakhir menjadi bibir luka berdarah. Nikotin dalam asap rokok mencederai dan meracuni kulit bibir yang notabennya sangat sensitif terhadap sifat nikotin yaitu mampu memgiritasi, menggerus dan merusak jaringan kulit paling atas dari bibir sehingga warna bibir terlihat tidak segar.

Cara Mengobati Bibir Pecah Pecah Dan Berdarah Akibat Panas Dalam

Bila bibir sobat terlanjur kering, Dan Berdarah Akibat Panas Dalam, yang tidak sedap dipandang, jangan khawatir! Kami memiliki beberapa resep untuk mengobati bibir pecah-pecah. Berikut ini cara alami untuk mengatasi bibir pecah-pecah:
  • Wortel
Cara Mengobati Bibir Pecah Pecah Dan Berdarah Akibat Panas Dalam

Pernah lihat wortel? Jenis sayura warna orange ini selain enak dibuat sebagai sayur, juga enak dibuat minuman segar seperti jus. Wortel ini mengandung cukup banyak vitamin A yang mana kita tahu sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan mata. Namun selain untuk mata, wortel ini juga sangat bermanfaat untuk mengatasi bibir kering dan pecah pecah.
  • Madu
Sobat pasti kenal betul dengan madu yang memiliki banyak kegunaan ini. Madu dapat digunakan untuk mengobati bibir pecah-pecah hanya dengan mengoleskannya secara rutin pada bibir sebanyak 3 kali sehari. Usahkan menggunakan madu yang memang murni tanpa campuran apapun ya! Jangan Lewatkan : Cara Memerahkan Bibir Pria Dengan Mudah Dan Simple
  • Hindari menjilat bibir
Banyak orang beranggapan bahwa jika bibir kering maka harus dibasahi atau dibuat menjadi lembab. Oleh karena itu, cara tercepat yang paling sering dilakukan adalah dengan menjilat bibir atau membasahi bibir dengan ludah. Padahal cara tersebut justru mempercepat atau memperberat bibir kering tersebut.

Sifat ludah yang cepat mengering atau menguap justru akan mempercepat keringnya bibir. Dibanding membasahi bibir dengan ludah, sebaiknya menggunakan lip balm untuk melindungi bibir.
  • Banyak minum
Minum air banyak selain untuk membasahi bibir secara langsung, juga mempunyai fungsi menjaga kelembaban bibir dari dalam sistem tubuh. Bibir yang pecah-pecah dapat disebabkan oleh keadaan tubuh yang sedang dehidrasi. Keadaan tubuh yang dehidrasi menyebabkan kadar cairan sel juga ikut rendah.

Sehingga dehidrasi tersebut dapat menyebabkan bibir pecah, berhubung bibir merupakan jaringan lunak yang kaya cairan tubuh.

Oleh karenanya ketika terjadi bibir pecah, bisa saja disebabkan oleh dehidrasi. Karena itu sebaiknya saat bibir pecah, kita perlu banyak minum karena bisa saja hal tersebut pertanda dehidrasi.
  • Kelopak bunga mawar
Cara Mengobati Bibir Pecah Pecah Dan Berdarah Akibat Panas Dalam

Kelopak bunga mawar bukan hanya bermanfaat untuk melembabkan bibir, tetapi juga dapat digunakan untuk mengembalikan warna asli dari bibir sobat. Wah, asyik ya? Mudah sekali, sobat tinggal merendam kelopak mawar ke dalam susu dalam kurun waktu beberapa jam. Kemudian haluskan kelopak mawar tersebut sampai jadi pasta. Oleskan pasta kelopak mawar itu ke bibir sobat tiap malam sebelum tidur.

Demikian Info tentang Cara Mengobati Bibir Pecah Pecah Dan Berdarah Akibat Panas Dalam. semoga bermanfaat dan selamat mencoba dirumah ya.. Jangan Lupa kunjungi situs web kami di sini ya. Cara Memerahkan Bibir Di situs tersebut disajikan berbagai info tentang perawatan kecantikan wanita dan perawatan untuk pria lengkap dan detail. Terimakasih.
Previous Post
Next Post

0 komentar: