Jumat, 16 Maret 2018

Tips Agar Bibir Tidak Hitam Karena Lipstik Dan Bagi Perokok

Cara Memerahkan Bibir Bibir adalah bagian wajah yang paling sering diperlihatkan. Bibir lembut dan merah merona adalah impian banyak wanita. Setiap orang pasti pernah mengalami keluhan pada bibirnya, termasuk keluhan saat bibir kering, hitam dan pecah-pecah.

Tips Agar Bibir Tidak Hitam Karena Lipstik Dan Bagi Perokok

Kondisi seperti ini tentunya dapat membuat kenyamanan seseorang menjadi terganggu, disamping itu juga bibir kering dan pecah-pecah mampu mengurangi estetika kecantikan tubuh sehingga membuat seseorang manjadi kurang percaya diri.

Namun sebelum itu, terlebih dahulu anda perlu ketahui apa sajakah penyebab bibir kering menghitam tersebut, sehingga akan memudahkan anda untuk melakukan tindakan untuk mengatasi dan mencegahnya. Berbeda dengan kulit dibagian tubuh lainnya, kulit pada bagian bibir tidak memiliki kelenjar minyak. Untuk itulah bibir lebih mudah kering dan parahnya lagi bisa menimbulkan pecah-pecah. Hilangnya kelembaban pada kulit bibir inilah yang dapat menyebabkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah serta menghitam.

Penyebab Menghitamnya Bibir

Ketahuilah penyebab-penyebab bibir hitam agar anda dapat melakukan pencegahan dan cara mengatasinya. Lantas apa sih sebenarnya penyebab bibir hitam anda  yang alami? Anda bisa mengetahuinya lebih lanjut dan dalam dari ulasan berikut ini.
  • Dehidrasi Akibat Kurangnya Konsumsi Air Putih
Jika bibir anda gelap, hal itu merupakan tanda bahwa tubuh anda tidak terhidrasi oleh konsumsi air mineral yang cukup per harinya. Kurangnya konsumsi air putih merupakan penyebab bibir kering dan pecah-pecah. Tahukah anda bahwa 55%-60% berat badan pria dewasa adalah air sedangkan 50%-60% berat badan anak-anak dan orang dewasa adalah air.

Air merupakan komponen utama dalam tubuh manusia. Apa yang terjadi jika komponen utama tersebut tidak terpenuhi oleh konsumsi air putih yang cukup? Kulit bibir akan mengalami kekeringan. Karena alasan itulah, anda membutuhkan air minimal 8-12 gelas perhari agar bibir anda tidak kering.

Jika anda tidak mengonsumsi air dengan jumlah yang cukup, bibir akan kehilangan elastisitas dan kekenyalannya. Hal itu disebabkan karena bibir tidak terhidrasi oleh air sehingga akan mengalami dehidrasi. Terhidrasinya tubuh termasuk organ-organ tubuh dengan baik, akan menghindarkan bibir kering dan pecah-pecah dan menghitam.

Namun yang juga perlu anda perhatikan, jangan mengonsumsi air dalam jumlah yang berlebihan karena akan merusak ginjal dan pencernaan. Konsistenlah dalam meminum air putih yaitu hanya 1 gelas tiap jam nya.
  • Cuaca Yang Dingin, Kering, Dan Berangin
Cuaca yang kering dan dingin akan membuat perbedaan suhu siang dan malam yang signifikan. Di lain kasus, anda mungkin sedang melakukan perjalanan liburan ke daerah atau negara yang memiliki suhu yang dingin. Cuaca yang dingin dan kelembaban udara yang rendah merupakan dua faktor tubuh anda mengalami dehidrasi dan bibir kering menghitam. Cuaca semacam itu merupakan penyebab bibir hitam.
Berikut ini adalah cara melembabkan bibir pada cuaca dingin:

• Untuk mengatasi kekeringan pada bibir karena cuaca yang dingin, gunakanlah lip balm yang tepat dan cocok untuk jenis kulit anda. Pilihlah Lip Balm yang tidak mengandung pengharum dan pewarna. Zat kimia tersebut malah akan menyebabkan Cheilosis atau inflamasi pada ujung bibir.
• Kemudian hindari menjilati bibir dengan harpan membuat bibir anda lebih basah dan lembab. Faktanya menjilati bibir malah akan membuat bibir anda semakin kering dan semakin hitam di cuaca dingin.
• Hindarilah makanan yang manis, pedas, dan asin berlebihan. Makanan ini malah akan memperparah kondisi bibir kering anda.
• Diamlah di dalam ruangan saat cuaca mulai dingin. Misalnya mengganti olahraga di luar rumah dengan fitness dan aerobic didalam ruangan.
  • Penggunaan Pasta Gigi yang Tidak Tepat

Ternyata penggunaan pasta gigi yang anda gunakan sehari-hari juga merupakan penyebab bibir menghitam lho. Banyak dari anda tidak memerhatikan kandungan dan jenis pasta gigi yang anda gunakan. Apakah anda mengetahui bahwa bibir anda tidak memiliki pelumas alami yang dapat menjadikan bagian itu lembab. Namun, pasta gigi yang memiliki efek dingin dan menutup permukaan bibir dapat menyebabkan bibir menjadi kering dan hitam.
Jangan Lewatkan Ini : Bagaimana Cara Memerahkan Bibir Tanpa Lipstik Secara Permanen?
Selain itu, pasta gigi juga mengandung detergen yang dapat memberikan efek kering pada bibir. Detergen yang bertujuan untuk membuat busa yang melimpah agar tidak ada flak dan warna kekuningan pada gigi malah memberikan efek buruk pada bibir anda. Efek buruk yang diberikan pada bibir oleh detergen adalah bibir pecah-pecah dan luka pada bibir dengan pendarahan.

Selain itu, pasta gigi yang mengandung flourida dan sodium lauryl sulphate dapat menyebabkan bibir anda menjadi kering dan pecah-pecah. Mulai sekarang gunakanlah pasta gigi yang bebas florida karena jenis pembersih gigi ini malah akan mengangkat sel-sel kulit yang mati pada bibir dan memberikan warna merah pada bibir. Anda juga bisa menggunakan pasta gigi yang bebas detergen, misalnya memilih pasta gigi untuk gigi sensitif.
  • Bernafas Lewat Mulut
Bernafas lewat mulut dapat terjadi ketika anda mengalami flu dan pilek. Namun apakah anda tahu faktanya, bernafas lewat mulut merupakan penyebab bibir kering dan menghitam, bahkan bibir pecah-pecah. Bernafas lewat mulut juga dapat membuat celah merah pada bibir anda.

Penjelasan lebih jauh bahwa udara nafas dari mulut akan membawa setidaknya sedikit liur yang mengandung enzim digunakan untuk mencerna makanan. Sekarang apa yang akan terjadi jika enzim pencerna dan penghancur makanan tersebut mengenai bibir anda?

Enzim tersebut akan mengikis bibir anda yang tipis. Mulai sekarang, bernafaslah lewat hidung. Karena selain hidung memiliki saringan untuk mencegah kotoran dan bakteri dari udara masuk ke tubuh, bernafas lewat hidung juga tidak akan memberikan efek kering pada bibir anda.
  • Hati-hati Penggunaan Lipstick Matte
Lipstik matte adalah lipstick yang tidak memberikan efek glossy ketika dipoles di bibir. Namun, lipstick matte memiliki kekurangan pada jenis kulit bibir yang cenderung kering. Lipstik jenis ini jika digunakan dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan bibir yang kering dan pecah-pecah.
Baca Juga : Cara Memerahkan Bibir Secara Alami Dan Permanen Dengan Cepat
Hal itu disebabkan oleh kandungan pigmentasi yang dikandung dalam lipstick jenis ini. Kandungan lipstick matte juga dapat membuat bibir hitam karena jarang dibersihkan ketika hendak tidur.
  • Menjilati Bibir
Ketika bibir anda mengalami kekeringan, anda tidak sadar menjilati dan membasahi bibir anda dengan harapan akan melembabkan bibir anda yang kering. Hal itu salah besar. Air liur yang digunakan untuk membasahi bibir dapat menyebabkan penguapan pada bibir yang membuat bibir semakin kering dan semakin menghitam daripada sebelumnya.

Selain itu, air liur manusia juga mengandung enzim-enzim pencernaan, seperti amylase, alfa-amilase, lingual lipase, lisozim, dll yang merupakan enzim untuk mencerna dan menghancurkan makanan dalam tubuh. Apa yang terjadi jika enzim pencerna dan penghancur tersebut mengenai bibir anda? Anda sudah tahu jawabannya.

Menggigiti bibir juga akan merusak lapisan pelindung pada bibir yang malah membuat bibir kering dan pecah-pecah. Selain itu, hindarilah penggunaan lip Balm yang menggunakan perasa karena akan membuat anda menjilati dan menggigit bibir lebih sering.

Tips Agar Bibir Tidak Hitam Karena Lipstik Dan Bagi Perokok

  • Tips Agar Bibir Tidak Hitam Dengan Menggunakan Madu dan Minyak
Cara mengatasi bibir hitam adalah dengan mengoleskan cairan madu murni selayaknya lip balm untuk melembabkan dan menutrisi bibir. Kandungan dalam madu dipercaya dapat meremajakan warna bibir seperti sedia kala dengan melakukannya secara teratur dan rutin. Anda bisa menjadikan madu sebagai pengganti lip balm alami dan tradisional ini sesaat sebelum tidur dengan metode yang sama seperti aplikasi jeruk nipis. Bahan alami lain yang bisa digunakan untuk mencerahkan kembali warna bibir adalah dengan minyak kelapa atau minyak almond yang dibirkan semalaman teroleskan di bibir anda, anjuran pemakaiannya hampir sama dengan jeruk nipis dan madu. Lakukan cara ini secara teratur, maka bibir anda akan cerah kembali secara bertahap.
  • Tips Agar Bibir Tidak Hitam Dengan Menggunakan Buah Pisang, Strawberry atau Delima
Buah pisang ternyata juga berkhasiat untuk mengembalikan warna merah merona asli bibir anda. metode yang digunakan adalah dengan menghaluskan satu buah pisang. Setelah halus, untuk memperkaya kandungan anda bisa menambahkan perasan jeruk nipis dan sedikit madu didalamnya. Kemudian anda lakukan seperti menggunakan lip balm untuk terapi bibir hitam anda. Selain buah pisang, buah strawberry dan delima merupakan pilihan lain yang juga bisa mencerahkan warna bibir anda seperti sediakala, hal ini dikarenakan ketiga buah tersebut memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C yang cukup banyak untuk bisa meremajakan bibir yang hitam. Cara mengatasi bibir hitam ini dikenal lebih alami sehingga tanpa efek samping dan cukup murah untuk dipilih.
  • Tips Agar Bibir Tidak Hitam Dengan Menggunakan Gliserin
Jika anda merasa beberapa cara diatas belum ampuh untuk menjadikan bibir anda cerah kembali, maka pergi ke toko kimia untuk mendapatkan gliserin adalah solusi terakhirnya. Gliserin diketahui merupakan bahan yang cukup efektif untuk merawat warna asli bibir ataupun mengembalikan warna asli bibir seperti sediakala. Cukup dengan mengoleskan gliserin seperti minyak kelapa pada bibir secara menyeluruh dan biarkan selama kurang lebih 10-15 menit untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Hasil dari cara mengatasi bibir hitam ini bisa lebih optimal anda dapatkan dengan menambahkan beberapa tetes madu ke dalam larutan gliserin.
  • Tips Agar Bibir Tidak Hitam Dengan Menggunakan Kunyit
Tips Agar Bibir Tidak Hitam Karena Lipstik Dan Bagi Perokok

Nah, salah satu bahan alami yang bisa anda gunakan adalah kunyit. Selain manfaat yang banyak untuk kesehatan tubuh kita, kunyit dapat kita manfaatkan untuk membuat bibir yang hitam menjadi lebih cerah dan tampak merah alami.

Untuk membuatnya, caranya sebagai berikut ini : Ambil sejumput bubuk kunyit, kemudian campurkan dengan satu sendok teh susu. Aduk campuran bahan ini hingga menjadi pasta. Oles bibir dengan bahan ini sambil dilakukan pemijatan secara lembut, diamkan hingga lima menit dan bilas. Tambahkan lips balm pada bibir agar lebih lembut. Dan bibir yang anda inginkan telah terjadi.

Anda bisa menggunakan cara ini dengan teratur sehingga bibir akan selalu tampak merah merona cerah dan bersih alami. Cara ini lebih halus dari pada menggunakan cara lain yang sama-sama menggunakan bahan alami.
  • Tips Agar Bibir Tidak Hitam Dengan Menggunakan Kelopak Mawar
Tak hanya cantik dipandang, ternyata kelopak mawar dapat membuat bibir gelap menjadi lebih cerah. Caranya adalah ambil beberapa kelopak mawar dan rendam dalam susu selama setengah jam dalam sebuah wadah, Lantas, tambahkan beberapa tetes gliserin pada campuran kelopak mawar dan gliserin tersebut. Jadikan sekental pasta dengan campuran mawar dan oleskan di wajah. Gosokkan atau pijat bibir dengan pasta ini selama 5 menit dan kemudian biarkan selama 20 menit.
  • Menggunakan Scrub Alami Gula
Scrub alami dimaksudkan untuk mengelupas lapisan kulit bibir yang menghitam secara aman. Setelah lapisan kulit ini mengelupas diharapkan akan tumbuh kulit baru yang lebih sehat dan memiliki warna lebih cerah dibandingkan sebelumnya.
Baca Juga : Cara Menghilangkan Bibir Hitam Menjadi Pink Dan Merah Merona
Gunakan bubuk gula yang dicampurkan dengan madu atau minyak zaitun sebagai scrub alami. Usapkan campuran ini pada bibir selama kurang lebih satu menit. Kemudian gosok dengan lap basah untuk membersihkannya. Terakhir oleskan lip balm yang lembut pada bibir.

Apabila cara ini menyebabkan iritasi pada bibir anda, maka kurangilah frekuensi penggunaan scrub alami hingga tidak terlalu sering. Selain itu perbaiki juga cara menggosok scrub setelah dioleskan. Jangan terlalu keras agar tidak menyakiti bibir anda mengalami iritasi dan luka.

Demikian info tentang Tips Agar Bibir Tidak Hitam Karena Lipstik Dan Bagi Perokok. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba dirumah tya guys..
Previous Post
Next Post

0 komentar: